Jokowi ke Jerman Ikut KTT G-20 dan Kunjugi Turki

 

Pagi ini, Presiden Joko Widodo bertolak menuju Turki dan Jerman. Negara pertama yang akan dikunjungi yaitu Turki.
Kunjungan ke Turki merupakan kunjungan balasan setelah Presiden Turki, Recep Tayyip Erdo─čan, pernah berkunjung ke Indonesia. Pantauan kumparan (kumparan.com) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (5/7), Jokowi dan Ibu Negara Iriana bertolak menuju ke Ankara, Turki sekitar pukul 07.32 WIB dengan pesawat Kepresidenan BBJ 2.
"Di Turki, ada yang perlu dikerjasamakan dengan Turki. Terkait hal politik, keamanan, dan juga ekonomi. Ini kan kunjungan balasan juga, sudah lama ditunggu," ujar Pratikno yang ikut mengantar Jokowi ke Bandara Halim, Rabu (5/7).

Sementara itu, saat berkunjung ke Jerman, Jokowi akan menghadiri KTT G20. Di KTT ini, Jokowi akan menyampaikan pesan agar G20 dapat menjadi bagian dari solusi berbagai tantangan global.
Utamanya dalam menghadapi ancaman terorisme di mana Presiden akan menjadi pembicara utama dalam sesi tersebut. Terkait ekonomi dan keuangan global, Presiden akan menyinggung pentingnya aksi bersama anggota 20 dalam memerangi penggelapan pajak.

Jokowi bertolak ke Turki dan Jerman (Foto: Dok. Laily - Biro Pers Setpres)
"Sementara di KTT G-20, ini kan banyak kepala negara yang baru. Presiden Jokowi termasuk yang senior di G20 dengan Merkel tentu saja. Jadi ada banyak hal yang juga harus dibicarakan," lanjutnya.
Tak lupa, di sela-sela pertemuan G20, Presiden juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pimpinan negara sahabat, salah satunya Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.
Dalam kesempatan ini, Jokowi juga memboyong keluarganya yaitu Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda, Jan Ethes, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.
Sebelum bertolak ke Turki dan Jerman, Jokowi dan rombongan akan terlebih dahulu ke Banda Aceh untuk menggelar pertemuan singkat dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah untuk memberikan selamat. Irwandi dan Nova sendiri dilantik oleh Mendagri Tjahjo Kumolo pada (5/7) waktu setempat.
Jokowi dan Ibu Negara dilepas keberangkatannya oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Mensesneg Pratikno, dan Seskab Pramono Anung.
[kumparan]

No comments:
Write komentar