Kehabisan Akal Menyerang Ahok, Anies Kritik Koridor XIII yang Masih Belum Jadi

 

 Calon gubernur DKI Jakarta yang disukai oleh berbagai kalangan masyarakat, Basuki Tjahaja Purnama atau yang sering disapa Ahok menjawab kritikan cagub nomor tiga Anies Baswedan yang menyebutkan bahwa pembangunan busway koridor 13 adalah bukti nyata kegagalan pemerintahannya dalam mengintegrasikan antar moda transportasi di Jakarta.
Menurut Ahok, halte busway koridor 13 nantinya juga akan dilengkapi dengan eskalator dan lift, termasuk halte yang terhubung dengan stasiun mass rapid transit atau MRT.
“Kan nanti tinggal pasang ekskalator sama lift kok. Orang barang belum jadi sudah langsung dikritik,” kata Ahok usai menghadiri sebuah acara di Jalan Talang, Menteng, Jakarta Pusat, pada hari Minggu tanggal 29 Januari 2017.
Sebelumnya, Anies yang sudah kehabisan ide menyerang Ahok, kemudian memutuskan untuk menilai bahwa pembangunan Transjakarta koridor 13 merupakan salah satu bukti Pemprov DKI yang belum berhasil membuat sistem transportasi terintegrasi di Jakarta.
“Contoh paling tragis akan kegagalan menyusun transportasi terintegrasi adalah koridor 13 dari Mampang sampai Kebayoran Lama,” kata Anies.
Anies juga mengatakan bahwa halte Transjakarta koridor 13 sama sekali tidak terinterintegrasi dengan MRT, hingga para penumpang Transjakarta harus berjalan hingga 500 meter untuk bisa mencapai MRT.
“Jadi orang kalau mau turun dari busway, turunnya luar biasa tingginya. Sesudah itu dia juga harus jalan 500 meter masuk ke MRT,” kata dia.
Persinggungan Transjakarta koridor 13 dengan jalur MRT diketahui terjadi di perempatan Jalan Trunojoyo, tak jauh dari Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan.
Meski bersinggungan, tidak ada stasiun MRT dan dan halte Transjakarta koridor 13 yang saling terhubung di titik itu. Pada rencana yang ada saat ini, halte Transjakarta koridor 13 tersebut berada tepat di perempatan Jalan Trunojoyo. Halte itu berada di atas jalan layang khusus busway yang menghubungkan Ciledug-Tendean.
Di bawah jalan layang busway itu juga terdapat jalur layang MRT yang menghubungkan Sisingamangaraja-Lebak Bulus.
Namun, tidak ada stasiun MRT yang berada di jalur layang MRT di titik tersebut. Pada perencanaan proyek pembangunan MRT, perempatan Jalan Trunojoyo tidak masuk dalam salah satu titik pemberhentian.
Titik pemberhentian MRT terdekat yang berada di kawasan tersebut berada di depan Blok M Plaza atau di depan Masjid Al Azhar.temanahok

No comments:
Write komentar