Mahasiswa Australia: Bahasa Jawa adalah Bahasa yang Penuh Rasa Hormat

 


Kirrilly McKenzie dari Australia National University (ANU) adalah salah satu mahasiswa yang sedang belajar bahasa Jawa. Ia terdengar fasih berbicara dalam sebuah drama berbahasa Jawa. Lewat tulisan ini, ia berbagi makna dari belajar bahasa Jawa, bagi dirinya dan masa depan hubungan Australia dan Indonesia.
Bahasa Jawa adalah bahasa yang di tuturkan oleh kira-kira 80 juta orang di Indonesia. Kebanyakan penuturnya tinggal di Pulau Jawa. Bahasa Jawa diperkirakan menjadi bahasa ibu yang ke-12 terpopuler di dunia.
Bahasa jawa itu penting untuk menguatkan budaya Jawa. Selain itu Bahasa Jawa juga penting di gunakan untuk berinteraksi sehari-hari di Pulau Jawa.
Di ANU di Canberra, ada mata kuliah Bahasa Jawa. Tugas akhir dari mata kuliah ini adalah memproduksi drama dalam bahasa Jawa, yang ditulis oleh Dr George Quinn. Drama berjudul Sri Ngilang berdurasi selama 30 menit ini uniknya dilakukan oleh mahasiswa Australia, yang bahasa ibunya adalah bahasa Inggris.
Sekitar dua bulan yang lalu, the Australian National University Digital Learning Project merilis video dari Drama Sri Ngilang di Youtube. Hingga saat ini video tersebut sudah ditonton oleh lebih dari 360 ribu di Youtube, juga menjadi “viral” di kalangan masyarakat Jawa.
Di balik pembuatan drama Sri Ngilang (Foto: Glen Luttrell). Kirrilly McKenzie (Foto: Pribadi)
Di balik pembuatan drama Sri Ngilang (Foto: Glen Luttrell). Kirrilly McKenzie (Foto: Pribadi)

Drama ini sudah ditulis dan dipublikasikan di beberapa media televisi di Australia dan Indonesia. Tidak ada seorang pun dari pembuat video ini yang menyangka jika video dalam bahasa Jawa ini akan sukses.
Sebagai salah satu aktris di drama tersebut, setiap hari saya menerima permintaan pertemanan baru di Facebook dan pesan dari orang yang juga menyukai drama.
Bagi saya, belajar bahasa Jawa memberikan saya wawasan yang dalam soal budaya Jawa dan cara yang orang Jawa berkomunikasi satu sama lain. Bahasa Jawa lebih bisa dipahami daripada Bahasa Indonesia. Saya sempat tinggal dan belajar di kota Yogyakarta dan Salatiga selama beberapa minggu.
Bahasa Jawa adalah bahasa umum untuk berkomunikasi, belajar bahasa Jawa tidak hanya memberi wawasan budaya tapi juga membuat anda lebih di hargai, terutama saat berbicara dengan kemampuan yang sangat dasar. Bahasa Jawa adalah bahasa yang penuh rasa hormat.
Sebagai orang asing, untuk berbicara bahasa Jawa atau pun bahasa Indonesia di Indonesia dianggap sebagai sesuatu jarang, dan karenanya menjadi istimewa. Bahasa indonesia menjadi semakin lebih dominan, selain juga penggunaan bahasa Inggris di Indonesia yang kini meningkat, sehingga memberikan kesempatan yang sama bagi orang Indonesia di seluruh nusantara.
Akan tetapi orang Indonesia penting untuk tetap ingat terhadap bahasa daerahnya. Ini berarti bahwa harus ada yang meneruskan serta melindungi bahasa daerah, baik di Indonesia dan luar negeri untuk mempelajarinya.
Salah satu adegan drama Sri Ngilang, yang dituturkan dalam bahasa Jawa. Foto: YouTube, channel: Digital Learning Project.
Salah satu adegan drama Sri Ngilang, yang dituturkan dalam bahasa Jawa. Foto: YouTube, channel: Digital Learning Project.

Kesempatan untuk belajar bahasa Jawa yang saya peroleh, membuat saya lebih memahami budaya Jawa dan memungkinkan saya untuk memperdalam kemampuan bahasa saya, tidak hanya bahasa Indonesia namun juga bahasa Jawa.
Suksesnya video ini membuktikan bahwa sangat pentingnya orang-orang di seluruh dunia untuk belajar bahasa Indonesia, terutama orang Australia.
Dengan belajar dan mengerti budaya Indonesia kita bisa menciptakan hubungan dari antar individu yang lebih baik dengan Indonesia.
Untuk belajar Bahasa Jawa, tidaklah terlalu penting untuk menjadi lancar, tapi mengerti dan menghormati budayanya.
Respon dari masyarakat Jawa dan Indonesia bagi saya sangatlah luar biasa, mengingat karena bahasa Jawa kami masih sangat dasar. Oleh karena itu pendidikan tinggi di Australia masih perlu untuk tetap menyediakan kelas bahasa Indonesia dan bahasa daerah di Indonesia.
Hal ini akan membantu untuk tetap menjaga dan mengajarkan bahasa Indonesia, khususnya bahasa Jawa di universitas di Australia ( http://www.radioaustralia.net.au/ )

No comments:
Write komentar